Jumat, 14 September 2007

metode penelitian

METODE PENELITIAN


SUBYEK PENELITIAN

Remaja dari suatu desa tertentu. Dibagi menjadi remaja dari desa yang dekat perkotaan (Desa Sukahati) dan desa yang jauh dengan perkotaan (Desa Pondok Rajeg) di daerah Cibinong Jawa Barat.

METODE PENGAMBILAN DATA DAN INSTRUMENNYA

Data diperoleh dengan dua cara, pertama dengan pertanyaan terbuka melalui kuesioner yang terdiri dari 60 item:
  • 4 item mengenai masalah yang dihadapi: nomor 4, 10, 14, dan 20
  • 12 item mengenai orang tua: nomor 1, 2, 5, 6, 8, 11, 12, 15, 17, 19, 21, 23
  • 8 item mengenai perkembangan emosi dan penyebabnya: nomor 3, 7, 9, 13, 16, 18, 22, 24
  • 5 item mengenai fungsi agama: 25, 32, 39, 45, 56
  • 3 item fungsi perlindungan: 26, 33, 40
  • 5 item fungsi sosial budaya: 27, 34, 46, 51, 57
  • 8 item fungsi cinta kasih: 28, 35, 41, 47, 50, 53, 54, 58
  • 5 item fungsi pendidikan dan sosialisasi: 29, 36, 42, 48, 59
  • 6 item fungsi reproduksi: 30, 37, 43, 49, 52, 55
  • 3 item fungsi ekonomi: 31, 38, 60
  • 1 item fungsi lingkungan: 44


Cara kedua adalah dengan diskusi kelompok yang terdiri dari 4 orang dengan 1 pemandu. Untuk masing-masing desa dibagi dalam 5 kelompok:
  1. Remaja laki-laki usia SLTA
  2. Remaja perempuan usia SLTA
  3. Remaja laki-laki usia SLTP
  4. Remaja perempuan usia SLTP
  5. Remaja putus sekolah, umumnya berhenti saat SLTP


Masing-masing kelompok membahas kasus yang sama, yaitu mengenai Ani yang mengalami masalah ekonomi sehingga tidak dapat meneruskan sekolah. Sementara ia juga mulai mendapat tekanan untuk segera menikah.

METODE ANALISIS

Data yang masuk akan dianalisa secara kualitatif. Tujuan analisa ini adalah mencari "content" dari penelitian. Hasil analisa akan dideskripsikan dalam kelompok aspek tertentu.

Tidak ada komentar: